Rabu, 06 Juli 2011

Profil Puskesmas Kalitanjung Tahun 2010 BAB I

                                                          P E N D A H U L U A N



I. 1. LATAR BELAKANG


Salah satu unsur kesejahtaraan umum dari tujuan Nasional serta sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Pemerintah telah membangun Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS), Pembangunan Puskesmas tersebut untuk memperluas pemerataan dan jangkauan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat yang merupakan garda terdepan dan mempunyai Misi sebagai pusat pengembangan pelayanan kesehatan, yang melaksanakan pembinaan dan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu untuk masyarakat.
Sebagai Pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama, Puskesmas wajib menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara bermutu, adil dan merata. Pelayanan yang diselenggarakan adalah pelayanan kesehatan dasar yang dibutuhkan sebagian besar masyarakat dan sangat strategis dalam upaya meningkatkan status kesehatan masyarakat umum.
Puskesmas Kalitanjung merupakan salah satu Pusat Pembangunan Kesehatan yang ada di Kota Cirebon, Pembangunan berwawasan kesehatan sesuai dengan rencana Visi dan Misi Pembangunan kesehatan Kota Cirebon untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Cirebon menjadi 80
        Sistem Informasi Kesehatan perlu dikembangkan untuk menunjang sepenuhnya manajemen dan pengembangan upaya kesehatan.dapat berjalan dengan penerapan teknologi yang efektif dan efesien serta data yang akurat yang dapat dipertanggung jawabkan.
Profil Kesehatan adalah salah satu bentuk penyajian data atau informasi kesehatan yang relatif komprehensif. Profil kesehatan Puskesmas dapat menjadi gambaran tentang situasi dan kondisi kesehatan di wilayah kerja Puskesmas dan dapat menjadi acuan atau sarana untuk memantau pencapaian pembangunan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas.
       
2. MAKSUD & TUJUAN   

2.1 Tujuan Umum
    Tujuan umum dibuatnya Propil Kesehatan Puskesmas adalah tersedianya data /Informasi yang akurat, tepat waktu dan sesuai kebutuhan dalam rangka meningkatkan kemampuan manajemen kesehatan secara berhasil gun dan berdaya guna.
2.2 Tujuan Khusus
Sebagai Informasi umum, lingkungan fisik/biologik, perilaku kesehatan  masyarakat, demografi serta sosial ekonomi.
Diketahuinya pencapaian cakupan kegiatan program kesehatan diwilayah kelurahan Harjamukti Kota Cirebon Tahun 2010.
Diketahuinya permasalahan dalam upaya peningkatan cakupan program di Puskesmas Kalitanjung.



II. SISTEMATIKA  PENYAJIAN
           Untuk memudahkan penelaahan buku Profil Puskesmas Kalitanjung ini maka dalam penyajian disusun dengan Sistematika sebagai berikut:

BAB  I      PENDAHULUAN
Menjelaskan Maksud dan Tujuan disusunnya buku Propil  Kesehatan Puskesmas Kalitanjung Kota Cirebon, dan sistematika   penyajian.   
             
BAB II      GAMBARAN UMUM 
                  Menggambarkan Situasi Umum Kelurahan Harjamukti Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon dan factor-faktor demografi, Sosial Ekonomi dan pendidikan. 

BAB III     PELAKSANAAN KEGIATAN PROGRAM
                  Menguraikan secara ringkas Visi, Misi Dinas Kesehatan dan Puskesmas Kalitanjung serta pelaksanaan program kegiatan Puskesmas Kalitanjung

BAB IV   PENCAPAIAN KEGIATAN PROGRAM
       Menguraikan hasil cakupan kegiatan Program UPTD Puskesmas Kalitanjung beserta hasil analisisnya

       
        BAB V      KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan yang disajikan, tentang Pencapaian Kegiatan program dan permasalahan yang perlu mendapat perhatian dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya masyarakat Kelurahan Harjamukti Kota Cirebon.

Tidak ada komentar: