Rabu, 06 Juli 2011

BABN V

BAB.V
KESIMPULAN DAN SARAN

A.  KESIMPULAN :
Secara umum pencapaian hasil kegiatan UPTD. Puskesmas Kalitanjung pada tahun 2010  sudah cukup baik, hanya masih ada beberapa kegiatan belum memenuhi harapan diantaranya :
  1. Masih terjadi kematian bayi, dimana hal ini sangat mempengaruhi pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM).
  2. Balita yang menderita gizi buruk masih cukup tinggi sebanyak 23 balita, tingginya Balita Gizi Buruk ini disebabkan oleh multi faktor terutama daya beli masyarakat masih rendah sebagai dampak krisis ekonomi yang berkepanjangan.3. Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih terus terjadi disebabkan oleh kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat dan kebersihan lingkungan yang masih rendah.
  3. Kualitas kesehatan Lingkungan masih kurang.

B.  SARAN
Program – program yang telah dilaksanakan di UPTD Puskesmas Kalitanjung secara keseluruhan telah dilaksanakan, tetapi perlu adanya perbaikan-perbaikan yang antara lain :
  1. Mengoptimalkan kinerja programer dan binwil di Puskesmas dengan cara memberikan motivasi dan bimbingan oleh unsur Pimpinan Puskesmas, serta konsolidasi kerja sama yang kuat antar staf puskesmas.
  2. Meningkatkan kerjasama lintas program dan lintas sektoral instansi terkait yang dapat berpengaruh terhadap meningkatnya pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
  3. Dukungan dari semua pihak untuk lebih menggerakkan masyarakat dalam melaksanakan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dalam upaya pencegahan peningkatan kasus Demam Berdarah (DBD).
  4. Bimbingan Teknis Terpadu dari Dinas Kesehatan Kota Cirebon ke Puskesmas secara berkala yang diharapkan petugas Bintek adalah orang yang mempunyai kompetensi, berpengalaman, sebagai problem solving dan  nara sumber.
  5. Pemenuhan kebutuhan anggaran di Puskesmas khususnya untuk program-program prioritas

Tidak ada komentar: